-->

Belajar Photoshop Untuk Pemula - Part 1 Toolbox


      Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Belajar Photoshop Part 1. Mungkin sebagian sudah paham dan mengerti tentang photosop dan kegunaannya. Jadi pada kesempatan ini saya langsung akan membahas tentang menu menu atau icon yang berada di photoshop. Sebenarnya didalam photoshop terdapat banyak sekali alat yang dapat digunakan, namun saya tidak membahas semuanya dan saya membaginya dalam beberapa artikel karena alat di photoshop terbilang cukup banyak. Langsung saja saya akan menjelaskan fungsi fungsi dari alat tersebut.
Baca Juga = Belajar Photoshop part 2

Mengenal Toolbox Photoshop



1. Move Tool = Alat ini berfungsi untuk memindahkan gambar atau text atau objek lainnya. bila anda mengklik tool ini anda bisa memindahkan objek yang terpilih di layer dan anda juga bisa mengatur atau merubah ukurannya dengan mengaktifkan show transform controls di bagian atas dengan cara mencentangnya.


2. Marquee Tool = Alat ini dipakai untuk melakukan seleksi ke area yang di inginkan pada sebuah objek atau layer.
- Rectangular Marquee Tool = Membuat seleksi dengan bentuk Kotak atau segi empat
- Eliptical Marquee Tool = Membuat seleksi dengan bentuk lingkaran
- Single Row Marquee Tool = Memuat seleksi dengan bentuk sebuah garis horizontal
- Single Column Marquee Tool = Membuat seleksi dengan bentuk sebuah garis vertical


3. Lasso Tool
- Lasso Tool = Alat ini hampir sama dengan nomor 2 tapi alat ini lebih sesuai dengan keinginan anda. anda dapat membuat seleksi sesuai dengan gerak mouse anda dengan cara klik di area yang ingin di seleksi dan tahan klik tersebut lalu gerakan mouse anda hingga selesai memilih area yang anda seleksi
- Polygonal Lasso Tool = Alat ini termasuk mudah digunakan karena anda bisa menyeleksi sebuah area dengan cara mengklik di titik titik tertentu yang nantinya dari titik tersebut terhubunglah menjadi garis seleksi.
- Magnetic Lasso Tool = Alat seleksi yang ini berbeda karena menyeleksi dari segi warna. Misalkan anda mengeklik warna biru maka otomatis akan menyeleksi semua warna biru.


 4. Magic Wand Tool dan Quick Selection Tool.
- Magic Wand Tool = Tool ini sebenarnya bisa dibilang sangat mirip dengan Magnetic Lasso Tool sama sama membuat seleksi area dengan perbedaan warna namun menurut saya pribadi Magic Wand Tool lebih nyaman digunakan.
- Quick Selection Tool = Membuat seleksi sesuai yang anda inginkan dengan mengeklik dan bisa di atur ukuran perkliknya seperti saat anda mewarnai.


5. Crop Tool.
- Crop Tool = Tool ini untuk memotong Layer atau area dengan bentuk potongan segi empat
- Slice Tool = Alat ini dapat membantu anda memotong gambar tertentu
- Slice Select Tool = Digunakan untuk menggeser potongan atau merubah letaknya.


6.Eyedropper Tool.
- Eyedropper Tool = Alat ini berfungsi untuk mencari sampel atau contoh warna dengan cara mengklik warna yang ingin dipilih.
- Rule Tool = Untuk mengukur kemiringan, sudut, atau panjang sebuah gambar.
- Note Tool = Alat ini digunakan untuk membuat catatan pada gambar.


7. Spot Healing Brush Tool
- Spot Healing Brush Tool = Alat ini berfungsi untuk menhilangkan atau menghapus bagian pada gambar sesuai yang di inginkan dengan cara menyesuaikan warnanya dengan sekitarnya
- Healing Brush Tool = Untuk mencopy bagian tertentu pada sebuah gambar.
- Patch Tool = Untuk mereplace hasil seleksi pada sebuah gambar
- Red Eye Tool = Untuk menghapus warna merah di Mata


     Itulah beberapa alat dalam photoshop yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini. Tool Lain nya dapat anda simak di artikel selanjutnya Belajar Photoshop untuk Pemula – Part 2. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat bagi anda.



0 Response to "Belajar Photoshop Untuk Pemula - Part 1 Toolbox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel